Pimpin Apel Hari Jadi Pertambangan dan Energi Ke-73, Ini Arahan Menteri ESDM

By Admin


nusakini.com-Jakarta- Keluarga Besar Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bersama Keluarga Besar sektor ESDM Jumat (28/9)  menggelar Apel Peringatan Hari Jadi Pertambangan Dan Energi Ke-73. Bertindak sebagai Pembina upacara, Menteri ESDM, Ignasius Jonan. Dalam amanahnya Menteri ESDM meminta kepada seluruh pegawai dan stakeholder untuk menjaga integritas dan tidak melakukan kegiatan yang menyimpang dari aturan. 

"Pertama saya mengucapkan selamat Hari Pertambangan dan Energi yang ke-73. Yang kedua, kalau kita membaca media belakangan ini itu banyak, atau ada beberapa hal yang terjadi potensi penyimpangan dari tata aturan yang ada, baik di kelistrikkan maupun di hulu migas, ini saya minta supaya saudara-saudara yang di sini mengingatkan juga kepada stakeholder untuk tidak melakukan hal-hal yang bisa menyebabkan penyimpangan-penyimpangan yang tidak baik," ujar Jonan mengawali sambutannya. 

Jonan mengapresiasi para Pegawai Kementerian ESDM yang telah melakukan karya-karya yang besar yang bermanfaat bagi masyarakat termasuk kepada Tim Rescue yang telah membantu korban bencana di Lombok Nusa Tenggara Barat. 

"Saya juga mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan khususnya yang berkarya sangat luar biasa ditahun ini, termasuk tim rescue yang dikirim ke Lombok. ini saya kira luar biasa," ujar Jonan. 

Selanjutnya Jonan mengatakan, Pemerintah Indonesia melalui PT INALUM (Persero) telah menandatangani perjanjian jual beli 51% saham PT Freeport Indonesia. Saat ini menurut Jonan PT INALUM tinggal menyelesaikan proses administrasinya saja. 

"Kemarin kita selesai menandatangani jual beli saham Freeport Indonesia yang dimana Pemerintah Indonesia diwakili PT INALUM. Jadi setelah ini PT INALUM tinggal membayar saja. Setelah bayar, Izin Usaha Pertambangan Khusus-nya akan terbit, mulai kemarin tinggal proses administrasi saja, akhirnya 51% saham PT Freeport Indonesia bisa dimiliki oleh Pemerintah Indonesia melalui PT Inalum," jelas Jonan. 

Mengakhiri sambutannya, Jonan mengajak semua pihak untuk terus menjaga komunikasi yang baik secara berkesinambungan khususnya dengan para senior Kementerian ESDM. 

"Saya minta kita selalu ada komunikasi yang baik terutama dengan para senior kita dan saya juga minta kepada senior itu jangan cuma mengkritik tapi memberikan masukkan. Jadi kita juga bisa belajar kepada senior apa kekurangannya kita lanjutkan dan perbaiki. 

Peringatan Hari Jadi Pertambangan dan Energi merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan Kementerian ESDM bersama Keluarga Besar sektor ESDM. Rangkaian Peringatan Hari Jadi Pertambangan Dan Energi tahun ini diisi dengan berbagai kegiatan mulai dari bakti sosial, ziarah serta olah raga dan seni. Puncaknya akan ditutup malam hari ini dengan Malam Penganugerahan Penghargaan Subroto, sebuah penghargaan tertinggi bagi insan yang berkontribusi di bidang pertambangan dan energi.(p/ab)